Pages

28 November 2007

Satpam & Security

Siapa yang tidak mengenal satpam? Sebuah tugas mulia yang penuh dengan resiko. Ada beberapa teman saya juga berprofesi sebagai satuan pengaman, pernah saya tanya bagaimana kerjanya, dia jawab dengan santai.... bosan katanya.... resiko tinggi, nyawa taruhannya.

Pernah juga kantor teman saya kebobolan maling, yang dicurigai satpam yang jaga pada saat itu. Benyok diinterogasi polisi nggak tahu terlibat apa nggak. Jadi sebenarnya posisi satpam bermata dua juga, bisa sebagai pengaman dan juga "pengaman". he.... he......


Terlepas dari itu semua karena lebih bersifat personil daripada profesi. Menurut hemat saya sebaiknya disamping ada satpam sebagai pengaman juga ada kamera CCTV sebagai penunjang kerja SATPAM. Satpam nggak perlu patroli sering-sering, keadaan dan situasi cukup dipantau saja lewat monitor. Jika ada kejadian terekam, jadi bisa dilihat siapa sebenarnya yang melakukan tindak kejahatan, nggak asal tuduh.

Dengan CCTV semua aman terkendali, menjadikan tugas Satpam lebih mudah, aman dan ringan. Kevalidan kejadianpun terjaga, nggak ada tuduh sana tuduh sini, lancar sebagaimana adanya. betul nggak pak satpam?

No comments: